Minggu, 20 Agustus 2017

Amaliyah Nishfu Sya'ban by KH. Wazier Alie



AMALIYAH NISHFU SYA’BAN
            Pada malam paruh kedua dari bulan Sya’ban, banyak dari kalangan umat Islam yang berduyun-duyun ke masjid, mushalladan surau untuk melaksanakan kegiatan keagamaan yang rutin dijalani setiap malam Nishfu Sya’ban. Salah satu kegiatannya melakukan sholat sunah subanyak dua raka’at atau lebih.
            Ada juga dari mereka yang membaca surat Yaasin secara bersama-sama sebanyak 3/1 kali. Biasanya dari masing-masing pembacaan surat Yaasin tersebut diniatkan untuk memperoleh rizqi yang halal, untuk umur panjang yang barokah, serta untuk mendapatkan husnul khatimah. Adapula diantara msyarakat yang melengkapi kegiataan tersebut dengan bersedekah.
            Dalam syaria’at Islam terdapat tuntutan (dalil-dalil) untuk beribadah pada malam nisfu sya’ban.
Dalil pertama:
عَنْ مُعَاذِ بْنِ حَبَلٍ عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إلاَّ لِمُشْرِكٍ أوْ مُشَاحِنٍ (رَوَاهُ الطَّبْرَانِي فِيْ الْكَبِيْرِ وَالْأوْسَطِ قَالَ الْهَيْثَمِي وَرِجَالُهُمَا ثَقَاتٌ. وَرَوَاهُ الدَّارَقُطْنِي وَابْنَا مَاجَهٍ وَحِبَّانَ فِيْ صَحِيْحِهِ عَنْ اَبِيْ مُوْسَى وَابْنِ اَبِي شَيْبَةَ وَعَبْدِ الرَّزَاقِ عَنْ كَثِيْرِ بْنِ مُرَّة وَالْبَزَارِ).
     “Rosulullah SAW bersabda: sesungguhnya Allah SWT memperhatikan hambanya (dengan penuh rahmat) pada malam Nishfu Sya’ban, kemudian Ia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan muyachin (orang munafiq yang menebar kebencian antar sesama umat Islam)”. (HR. Thobrani fi Al-Kabir no 16639, daruquthni fi Al-Nuzul 68, Ibnu Majah no 1380, Ibnu Hibban no 5757, Ibnu Abi Ayaibah no 150, Al-Baihaqi fi Syu’ab Al-Imam 6352, dan Al-Bazzar fi Al-Musnad 2389. Peneliti Hadits Al-Haitsami menilai para perowi hadits ini sebagai orang-orang yang terpercaya. Majma’ Al-Zawaid 3/395).
Dalil kedua:
عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ فَقَدْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ لَيْلَةٍ فَخَرَجْتُ أطْلُبُهُ فَإذَا هُوَ بِالْـبَقِيْعِ رَافِعٌ رَأْسَهُ إلَى السَّمَاءِ فَقَالَ يَا عَائِشَةُ أكُنْتِ تَخَافِيْنَ أنْ يَخِيْفَ اللهُ عَلَيْكِ وَرَسُوْلُهُ قَالَتْ قَدْ قُلْتُ وَمَا بِيْ ذَلِكَ وَلَكِنِّيْ ظَنَنْتُ أَنَّكَ أَتَيْتَ بَعْضَ نِسَائِكَ فَقَالَ إنَّ اللهَ تَعَالَى يَنْزِلُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَغْفِرُ لِأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شِعْرِ غَنَمِ كَلْبٍ.
“Aisyah berkata “Pada suatu malam, saya kehilangan Rasulullah. Setelah saya keluar mencarinya, ternyata beliau berda di Baqi’ seraya mengadahkan kepalanya kelangit, beliau berkata “apakah kamu takut Allah dan RasulNya mengabaikanmu?”. Aisyah berkata “saya tidak memiliki ketakutan itu, saya kira engkau mengunjungi sebagian dari istri-istri engkau”. Nabi berkata “sesungguhnya rahmat Allah turun kelangit yang paling bawah pada malam Nisyfu Sya’ban dan Ia mengampuni dosa-dosa yang melebihi dari jumlah kuku kambing milik suku kalb”. (HR. Turmudzi no. 670, dan Ibnu Majah no.1379).
Dalil ketiga.
تحفة الأحوذي شرح سنن الترمذي، ج. 2 ص. 277
فَهَذِهِ الْأحَادِيْثُ بِمَجْمُوْعِهَا حُجَّةٌ عَلَى مَنْ زَعَمَ أنَّهُ لَمْ يَثْبُتْ فِي فَضِيْلَةِ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ شَيْئٌ وَاللهُ تَعَالَى أَعْلَمُ.
“Hadits-hadits diatas secara keseluruhan merupakan sebuah hujjah yang membantah anggapan sebagaian Ulama’ yang berpendapat bahwa tidak ada satupun dalil kuat yang menjelaskan tentang keutamaan malam Nishfu Sya’ban”. (Tuchfah Al-Achwadzi Syarah sunan At-Tirmidzi, Juz.2 Hal.277).
Keistimewaan.
Diantara keistimewaan malam Nishfu Sya’ban adalah sebai berikut:
1.      Munurut Imam Syafi’i, malam Nishfu Sya’ban  adalah salah satu malam yang mustajabah.
2.      Munurut Atho bin Yasar, malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang paling utama setelah Lailatul Qodar.
3.      Menurut sahabat Ikrimah, yang dimaksud dengan ayat:
إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ () فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ (الدخان: 3-4).
Surat Ad-Dukhan ayat 3-4, malam tersebut adalah malam Nishfu Sya’ban, akan tetapi pendapat ini ditentang oleh jumhur Ulama, dan yang dimaksud dengan ليلة مبارمة adalah malam  Lailatul Qodar.
4.      Menurut Ulama’ yang lain, malam Nishfu Sya’ban adalah malam laporan amal tahunan kepada Allah SWT.
Dalil pertama.
فيض القدير، ج. 6 ص. 50
قَالَ الشَّافِعِي بَلَـــغَـناَ أنَّ الدَّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِيْ خَمْسِ لَيَالٍ أوَّلَ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةِ نِصْفِ شَـعْــبَانَ وَلَـيْلَتَيِ الْعِيْدِ وَلَيْلَةَ اْلجُمْعَةِ.
     “Imam As-Syafi’I berkata: telah sampai kepada kami bahwa do’a dikabulkan dalam lima malam, yaitu awal malam bulan Rajab, malam Nishfu Sya’ban, dua malam hari raya dan malam jum’at”. (Faidl al-Khobir, juz. 6 hal. 50).
Dalil kedua.
نزهة المجالس ج. 1 ص.158
قَالَ عَطَاءُ بْنُ يَسَارٍ مَا بَعْدَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ أفْضَلُ مِنْ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْباَنَ وَهِيَ مِنَ الَّليَالِ الَّتِيْ يُسْتَجَابُ فِيْهَا الدُّعَاءُ. قَالَ النَّوَوِي عَطَاءُ بْنُ يَسَارٍ مِنَ التَّاعِبِيْنَ.
     “Yasar bin Atho’ berkata: tidak ada malam yang lebih utama setelah Lailatul Qodar dibandingkan Nishfu Sya’ban. Ia merupakan malam yang mustajabah”. (Nuzhah al-Majalis, juz.1 hal. 158.
Dalil ketiga.
تفسير القرطبي ج. 16 ص. 85
وَقَالَ عِكْرِيمَةُ هِيَ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ يُبْرَمُ فِيْهَا أمْرُ السَّنَةِ وَيُنْسَخُ اْلأحْيَاءُ مِنَ اْلأمْوَاتِ وَيُكْتَبُ الْحَاجُ فَلاَ يُزَادُ فِيْهِمْ أحَدٌ وَلاَ يُنْقَصُ مِنْهُمْ أحَدٌ وَرَوَى عُثْماَ بْنُ اْلـمُغِيْرَةِ قَالَ قَالَ النّبِيُ صلى الله عليه وسلم تُقْطَعُ اْلأجَالُ مِنْ شَعْبَانَ إلىَ شَعْبَانَ حَتَّى أنَّ الرَّجُلَ لَيَنْكِحُ وَيُوْلَدُ لَهُ وَقَدْ خُرِجَ اِسْمُهُ فِي اْلــمَوْتَى. وَقَالَ اْلقَاضِى أبُوْ بَكْرِ بْنِ اْلعَرَبـِي وَجُمْهُوْرُ اْلعُلَمَاءِ عَلَى أنَّهاَ لَيْلَةُ اْلقَدْرِ.
     “Ikrimah berpendapat bahwa yang dimaksud dengan Lailah al-Mubarakah itu adalah malam Nishfu Sya’ban. Dimalam itu Allah menentukan semua urusan dalam peristiwa setahun, menghapus nama-nama orang dari daftar calon orang meninggal dan mencatat nama-nama orang yang akan melaksanakan haji tanpa ditambah dan dikurang. Utsman bin al-Mughiroh meriwayatkan hadits, Rasulullah bersabda “ajal ditentukan dari satu Sya’ban ke bulan Sya’ban berikutnya, hingga seseorang menikah, mempunyai anak dan namanya dikeluarkan dari orang-orang meninggal” (HR. Ibnu Abi Dunya dan Ad-Dailami). Qodhi Abu Bakar bin Al-Arobi berkata: Para Ulama’ mengatakan bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qodar”. (Tafsir al-Qurthubi, juz. 16 hal. 85).
Dalil keempat.
حشية الجمل، ج. 8 ص. 535
( قوله: تُعْرَضُ اْلأَعْمَالُ ) أيْ تُعْرَضُ عَلَى اللهِ تَعَالَى وَكَذَا تُعْــــرَضُ فِيْ لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْــــبَانَ وَفِيْ لَيْلَةِ اْلقَدْرِ، فَاْلأوَّلُ عَرْضُ إجْمَالِيٌّ بإعْتِباَرِ اْلأُسْبُوْعِ، وَالثَّانِي بإعْتِبَارِ السَّنَةِ.
     “amal-amal tersebut diperlihatkan kepada Allah, begitu pula pada malam Nishfu Sya’ban dan Lailatul Qadar. Yang pertama (Senin-Kamis) merupakan laporan amal mingguan, yang kedua dan ketiga (Nishfu Sya’ban dan Lailatul Qadar) merupakan laporan amal tahunan”. (Hasyiyah al-Jamal, juz. 8 hal. 535).
Amaliyah
            Pembacaan surat Yaasin pada malam Nishfu  Sya’ban beserta macam-macam niatnya merupakan hasil ijtihad para Ulama’.
Dalil pertama.
أسنى المطالب في أحادث المختلفة المراتب، ص. 234
وَأمَّا قِرآءَةُ سُوْرَةِ يس لَيْلَتَهَا بَعْدَ اْلمَغْرِبِ وَالدُّعَاءِ الْمَشْهُوْرِ فَمِنْ تَرْتِيْبِ بَعْضِ أهْلِ الصَّلاَحِ مِنْ عِنْدِ نَفْسِهِ قِيْلَ هُوَ الْبُوْنِي وَلَا بَأْسَ بِمِثْلِ ذَلِكَ.
     “adapun pembacaan surat Yaasin pada malam Nishfu Sya’ban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad sebagian Ulama’, konon ia adalah Syekh Al-Buuni, dan hal itu bukanlah suatu hal yang buruk”. (Asna al-Mathaalib).
Dalil kedua.
فتح الملك المجيد للشيخ أحمد الديربي، ص 19
( وَمِنْ خَوَاصِ سُوْرَةِ يس ) كَمَا قَالَ بَعْضُهُمْ أنْ تَقْرَأَهَا لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ الْأُوْلىَ بِنِيَّةِ طُوْلِ اْلعُمْرِ وَالثَّانِيَّةُ بِنِيَّةِ دَفْعِ اْلبَلاَءِ وَالثَّالِثَةُ بِنِيَّةِ اْلاِسْتِغْنَاءِ عَنِ اانَّاسِ.
     “Diantara keistimewaan surat Yaasin, sebaimana menurut sebagian Ulama’, adalah dibaca pada malam Nishfu Sya’ban sebanyak 3 kali. Yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua niat terhindar dari bencana dan ketiga niat agar tidak bergantung pada orang lain”. (Fathu al-Malik, hal 19).
Dalil ketiga.
تلخيص فتاوى ابن زياد، ص. 301
( مَسْئَلَةٌ ) حَدِيْثُ يس لِمَا قُرِئَتْ لَهُ لَا أصْلَ لَهُ وَلَـمْ أَرَ مَنْ عَبَرَ بِأنَّهُ مَوْضُوْعٌ فَيَحْتَمِلُ أنَّهُ لَا أصْلَ لَهُ فِيْ الصِّحَّةِ وَالَّذِيْ أعْتَقَدَهُ جَوَازَ رِوَايَتِهِ بِصِيْغَةِ التَّمْرِيْضِ نَحْوُ بَلَغَناَ كَمَا يَفْعَلُهُ أصْحَابَ الشَّيْخُ إسْمَعِيْلُ اْلَجبْرَتِي اهــــــــــ.
     “Hadits yang berbunyi “Surat Yaasin dapat dibaca sesuai dengan niat dan tujuannya” merupakan hadits yang tidak ada dasranya, tetapi saya tidak menemui Ulama’ yang mengatakannya sebagai hadits palsu. Bisa jadi yang dimaksud adalah hadits tersebut tidak shahih. Saya meyakini bahwa boleh meriwayatkan hadits tersebut dengan redaksi riwayat yang tidak tegas, seperti telah sampai pada kami sebagaimana yang dilakukan oleh murid-murid Syaikh Al-Jabrati dari Yaman”. (Talkhish Fatawi Ibnu Ziyad, hal. 301).
Hukum
            Hukum melakukan shalat sunah muthlak pada malam Nishfu sya’ban adalah Mustahab (disunahkan) karena Rasulullah SAW pernah melakukan shalat tersebut. Sementara jika shalat tersebut diniati Nishfu Sya’ban maka hukumnya haram, karena tidak ada tuntutan ibadah shalat Nishfu Sya’ban. Bentuk shalat sunah yang boleng dikerjakan pada malam Nishfu Sya’ban adalah shalat sunah muthlak., shalat hajat, shalat tasbih dan shalat yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Penyusun : KH. Wazier Alie
Penulis : Mochammad Fuad Nadjib


0 komentar:

Posting Komentar

Buku "Who Am I? How I Am"

Judul Buku      : Who Am I? How I Am Penulis            : Mochammad Fuad Nadjib ISBN                 : (masih dalam proses) Sinopsis        ...